Sertifikasi BNSP, Migas, kemenaker, bsc, iso & smk3

TRAINING ERGONOMI BERSERTIFIKASI BNSP

Training Ergonomi

TRAINING ERGONOMI

LATAR BELAKANG TRANING ERGONOMI:

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktekkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.

Kompetensi ergonomi adalah kemampuan personil kerja untuk mengaplikasikan  pengetahuan ergonomi, prinsip dan teknik-teknik  dalam mengendalikan risiko K3. Kompetensi ergonomi termasuk studi tentang interaksi antara  manusia, peralatan yang digunakan dan lingkungan kerjanya. Kompetensi ini fokus pada aspek-aspek  perancangan dan   perencanaan  kerja seperti tata ruang, alur kerja, skill, perbedaan individu (anthropometri) dan faktor-faktor lingkungan kerja. Perancangan yang aman adalah mengaplikasikan informasi dan data yang sesuai tentang kemampuan manusia dan perilaku untuk merancang suatu objek, fasilitas, prosedur dan lingkungan yang digunakan manusia/ pekerja.

PERSYARATAN CALON PESERTA TRAINING  ERGONOMI

1. Persyaratan Pendidikan:

No Penididikan Minimal Ergonomi
1 D3 K3 & Teknik Pengalaman K3/Process/Engineering minimal  1 tahun.
3 Strata-1 K3 & Teknik Pengalaman K3/Process/Engineering minimal  6 bulan.
5 Strata-2 K3 & Teknik

2.     Persyaratan Pelatihan : Kompetensi Ergonomi, sekurang-kurangnya telah mengikuti pelatihan / pendidikan prinsip-prinsip penerapan ergonomi di tempat kerja.

PERSYARATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI (Request for assessment)

  1. Mengisi formulir permohonan (FORM – APLIKASI )
  2. Melampirkan:
  •  Foto copy Ijasah terakhir
  •  Fotocopy Sertifikat kursus ergonomi
  •  Foto copy KTP / Paspor / Kitas
  •  CV atau Surat Keterangan Pengalaman kerja
  •  Surat Rekomendasi dari Pimpinan / Atasan Langsung / Rekanan Kerja (bila ada)

KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN

  1. Kemampuan mengevaluasi tingkat keserasian antara manusia dengan  pekerjaan, peralatan, lingkungan  serta  sistemnya.
  2. Kemampuan merencanakan dan melaksanakan intervensi ergonomi untuk meningkatkan  keselarasan antara    pekerja, dan pekerjaan.
  3. Memahami physiologi dan fungsi anatomi yang relevan untuk pengidentifikasian dan kontrol bahaya ergonomik.
  4. Memahami prinsip human error serta implikasinya terhadap desain peralatan, praktik kerja dan kontrol bahaya ergonomik.
  5. Memahami dasar-dasar anthropometry dan biomechanics.
  6. Kemampuan dasar human cognitive/ perceptual  yang relevan  untuk suatu  desain  yang berkaitan dengan  hubungan antara manusia dan mesin.
  7. Memahami faktor risiko terhadap cidera akibat tata cara pengangkatan/ handling  dan teknik asesmen risiko terhadap panduan pengangkatan.
  8. Memahami prinsip-prinsip prilaku  dan respon atas interaksi dengan manusia,  pisik dan lingkungan tugas  untuk mengidentifikasi bahaya psychosocial.
  9. Memahami hubungan yang saling berkaitan antara ergonomik dan stress di  tempat kerja seperti faktor psychosocial, kekerasan kerja, kerja bergilir, kerja berulang-ulang, penerangan, temperatur tempat kerja, tata ruang, kelainan postur dan tata ruang kerja.
  10. Kemampuan untuk mengembangkan strategy untuk meminimalisasikan   risiko melalui aplikasi desain/rekayasa dan enjiniring ergonomik, tata ruang, proses kerja, organisasi kerja.
  11. Kemampuan untuk mengembangkan identifikasi bahaya sistematis dan sistem evaluasi risiko k3 untuk perancangan yang aman.

PEMAKETAN UNIT KOMPETENSI

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT

1.

KKK.00.02.015.01 Menerapkan prinsip ergonomi untuk mengendalikan risiko K3

2.

KKK.00.02.018.01 Memfasilitasi penerapan  rancang bangun yang aman

 OUTLINE TRAINING ERGONOMI:

  • Peraturan dan Perudangan dan Konsep Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Menjelaskan UU No. 1/ 1970 dan Peraturan Menteri yang terkait tentang K3 dan membahas terminologi yang berhubungan dengan K3, antara lain: accident, incident, nyaris celaka, keselamatan kerja dan kesehatan kerja kerja, dan membahas model sebab akibat kecelakaan, studi rasio kecelakaan.

  • Ergonmics dan Prinsip-prinsipnya

Membahas pengertian ergonomics, piskologi kerja (kemampuan pisik untuk melakukan pekerjaan, cycle dari kerja & istirahat, dan kelelahan), dan penyakit pada punggung atau Common Trauma Disorder (CTD).

  •  Biomechanics

Membahas struktur dan fungsi-fungsi dari anggota badan berkaitan dengan dinamika manusia dan mesin. Analisa dalam subjek ini mencakup beban, tenaga, kekuatan manusia, pekerjaan mengangkat, mendorong, menarik, membawa, langkah berulang-ulang serta mereview perkakas kerja tangan (hand tools).

  • Desain Tempat Kerja

Membahas prinsip-prinsip tempat kerja, seperti kantor, workshop, stasiun kerja dan lapangan tempat kerja lain yang beraitan dengan posisi kerja berdiri vs duduk, posisi duduk, dan fostur tubuh.

  • Faktor Manusia berkaitan dengan Prilaku

Membahas kemampuan manusia/ pekerja berhubungan dengan perangkat display, seperti switches (tombol-tombol), panel-panel (gauges), layar monitor, dan menatl manusia dalam keadaan beban berlebihan berhubungan dengan psikologis, seperti stress, dll.

  • Identifikasi Bahaya & Penilaian Resiko

Membahas program identifikasi bahaya ergonomics, melalui inspeksi tempat-tempat karyawan bekerja, observasi personil yang sedang bekerja untuk penggunaan tenaga berlebihan, frekuensi gerak kerja dan posisi-posisi badan pekerja. Dalam program risk assessment ini secara formal akan mengaplikasikan Job Safety Analysis.

 METODE PEMBELAJARAN TRAINING ERGONOMI:

Lecture (menggunakan LCD/ Komputer), diskusi kelompok, studi kasus, dan praktek lapangan observasi dan risk assessment tempat kerja.

DURASI PELATIHAN: 3 HARI + 1 HARI UJIAN KOMPETENSI

BIAYA TRAINING ERGONOMI: : Rp. 5,750,000,- (Lima Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

CONTACT INFORMATION/REGISTRATION

HSP Academy Training Center  

Ruko Graha Boulevard Blok D/26 Sumarecon – Gading Serpong – Tangerang

HP: 0812 8388 6030

Phone: 021 29001152

Fax. (021) 29001152

Email: hari@hspacademy.com  

Website:  http://hspacademy.com

@@@@@@@@@@@@ Training Ergonomi @@@@@@@@@@

Related posts: