Sertifikasi BNSP, Migas, kemenaker, bsc, iso & smk3

Training Investigasi Kecelakaan Bersertifikasi BNSP PT Duta Tambang Rekayasa

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Alhamdullilah HSP Academy mendapat kepercayaan dari Grup Medco Energi Mining yaitu PT Duta Tambang Rekayasa untuk melaksanakan training investigasi kecelakaan untuk 16 orang karyawan PT Duta Tambang Rekayasa, training investigasi kecelakaan ini diperuntukan untuk para supervisor dari hampir seluruh bagian atau departemen. Tujuan dan harapan dari manajemen perusahaan terhadap pelaksanaan training ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para supervisor sebagai tim investigasi dalam melaksanakan kegiatan investigasi kecelakaan. Training yang difasilitasi oleh trainer senior HSP Academy yaitu DR. Ismail Sayid, M.Si berjalan lancar dan menarik. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti materi pelatihan dan sangat bersemangat dalam mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan oleh trainer.

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Training investigasi kecelakaan ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 November 2014 di lokasi tambah (site) PT Duta Tambang Rekayasa di Sebakis Kalimantan Utara. Training yang berlangsung tiga hari dan ujian kompetensi dilaksanakan satu hari pada tanggal 14 November 2014. LSP K3 sebagai lembaga sertifikasi BNSP mengirimkan satu orang assessor senior ke lokasi training untuk melaksanakan ujian bagi peserta training. Ujian dilaksanakan dengan dua metode yaitu ujian tertulis dan wawancara untuk setiap peserta.

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Selama tiga hari training, DR. Ismail Sayid membekali peserta training dengan berbagai metode analisa akar masalah seperti metode 5 Why, Fish Bone, ECFA, DT, FTA, CFC, STEP, SCAT, Tripod, Change Ananlysis, Barrier Analysis, dan KJ Analysis. Peserta juga dibekali dengan berbagai teori penyebab kecelakaan seperti Teori Domino, Distraction Theory, DOTS, Causation Model, Human Factor, Human Error, dll. Hari pertama difokuskan pada pembahasan berbagai teori kecelakaan dan prosedur investigasi, kemudian dihari kedua dan ketiga difokuskan pada teknik analisa akar masalah. Untuk setiap teknik analisa akar masalah langsung dilakukan latihan dengan kasus-kasus kecelakaan. Hasil latihan dari setiap kasus dan teknik dipresentasikan untuk didiskusikan. Beberapa latihan/praktek dilakukan perorangan atau kerja kelompok. Semua hasil latihan dan bahasan dikumpulkan untuk dilampirkan pada kelengkapan dokumen ujian kompetensi BNSP yang merupakan syarat untuk membuktikan kompetensi setiap peserta.

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Training Investigasi Kecelakaan Kerja

Manajemen HSP Academy mengucapkan terimakasih kepada manajemen PT Duta Tambang Rekayasa atas kepercayaan yang diberikan kepada kami sebagai pelaksana training ini. Semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam melaksanakan investigasi kecelakaan sehingga hasil dan rekomendasi dari investigasi tersebut dapat mencegah kecelakaan serupa terjadi dimasa mendatang. Kami berharap kerjasama ini dapat berlanjut untuk training-training yang lain.

— HSP Academy —-

Related posts: